Blog

Miliarder Dunia Maya

14 September 2008 - - 0 Comments

Jika Microsoft jadi membeli Yahoo! seharga $44,6 Miliar atau lebih dari Rp. 400 Triliun, ini akan jadi rekor terbesar pembelian perusahaan dunia maya dan mengalahkan rekor YouTube. David Filo dan Jerry Yang, pendiri dan pemegang saham terbesar Yahoo! akan semakin kaya, sejak booming dotcom pada 2000, Filo dan Yang masuk dalam daftar miliarder di Amerika Serikat. kini kekayaan mereka ditaksir antara Rp. 17-19 triliun, Pembelian Microsoft mungkin akan menggandakan kekayaan mereka menjadi Rp. 34-40 triliun.
Harga sebesar Rp. 400 triliun untuk perusahaan yang berumur 12 tahun memang fantastis. namun ada banyak perusahaan dotcom yang berusia di bawah 5 tahun sudah berharga ratusan miliar sampai triliunan rupiah.
Situs apa saja yang berharga miliaran sampai triliunan rupiah itu?

YOUTUBE
situs komunitas video-sharing online ini sangat fenomenal. situs yang didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, para mantan karyawan Paypal, pada Februari 2005, dalam waktu 1,5 tahun, ada 6 juta video yang bisa dinikmati pengunjung secara terbuka. video-video di YouTube dilihat 100 juta kali dalam sehari. melihat potensi pengembangan video blogging yang sangat cocok dengan rencana bisnis jaringan mobile, Google pun mengambil alih YouTube. pada 13 November 2006, YouTube dibeli seharga $1,65 miliar atau Rp. 14,6 triliun! "yang membuat kami tertarik bukannya hubungan bisnis, tapi visi mereka" kata Chairman Google, Eric Schmidt tentang Chad Hurley dan Steve Chen. keduanya kini punya kekayaan sekitar Rp. 4-8 triliun, Jawed Karim meninggalkan mereka untuk mengejar gelar di Stanford saat YouTube mulai berjaya.

FACEBOOK
ini merupakan pendatang baru yang langsung menyaingi kepopuleran Friendster, Windows Live Spaces, Bebo, dan Yahoo!360. Facebook yang awalnya komunitas mahasiswa, didirikan oleh Mark Zuckerberg, mantan mahasiswa harvard pada 2004. saat ini Facebook sudah mempunyai 64 juta anggota aktif dari seluruh lapisan masyarakat seantero dunia.
banyak perusahaan raksasa berniat membeli Facebook, misalnya Microsoft, Yahoo! dan Viacom. Viacom, Pemilik MTV, malah sudah membuka harga $975 Juta atau hampir Rp. 9 triliun. belakangan diketahui bahwa pada 2007, microsift sudah mmebeli 1,6% saham Facebook senilai $246 juta (Rp. 2,2 triliun). tahun yang sama, miliarder Hongkong Li Ka-Shing menanamkan investasi sebesar $60 juta atau Rp. 548 miliar.
kekayaan Zuckerberg sekarang diperkirakan Rp. 9, 4 triliun.

FLICKR
Situs Komunitas Photo Sharing online ini diluncurkan perusahaan kanada, ludicorp, pada 2004. setahun kemudian perusahaan itu dibeli Yahoo! untuk menggantikan Yahoo!photo, nilainya diperkirakan $50 juta (Rp. 460 Miliar)

MYSPACE
Situs Komunitas Online yang menawarkan banyak fitur multimedia, termasuk musik, blog, foto, dan video, Myspace didirikan Intermix Media Rupert Murdoch, pada Juli 2005. nilai Myspace mencapai $580 juta atau Rp. 5,3 triliun. pada 2008, jumlah anggotanya mencapai 300 juta account, setelah dibeli News Corp, Tom Anderson and Chris Dewolfe, pemilik Myspace menjadi multimiliarder baru dengan kekayaan masing-masing sekitar Rp, 2,6 triliun.

FRIENDSTER
Situs komunitas online yang sangat populer dan dijalankan Jonathan Abrams sejak 2002 ini berusaha independen, karena itulah, pada 2003 penawaran $30 juta dari Google ditolak mentah-mentah. toh akhirnya Abrams harus meminjam dari Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Benchmark Capital, senilai $53 juta (Rp. 484 miliar). kini, meski punya 50 juta anggota, popularitas dan nilai friendster merosot tajam, keputusan Friendster tetap sebagai perusahaan tertutup disebut sebagai salah satu kesalahan terbesar di lembah silikon.


TELKOMSEL Priority

This entry was posted on 23.45 and is filed under Ewin Footprint's . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: